Beranda | Artikel
Salah Satu Bukti Kebenaran Risalah Nabi Muhammad
Selasa, 8 Maret 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 44 – Salah Satu Bukti Kebenaran Risalah Nabi Muhammad adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 29 Rajab 1443 H / 3 Maret 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 44 – Salah Satu Bukti Kebenaran Risalah Nabi Muhammad

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ذَٰلِكَ مِنْ أَنبَاءِ الْغَيْبِ نُوحِيهِ إِلَيْكَ ۚ وَمَا كُنتَ لَدَيْهِمْ إِذْ يُلْقُونَ أَقْلَامَهُمْ أَيُّهُمْ يَكْفُلُ مَرْيَمَ وَمَا كُنتَ لَدَيْهِمْ إِذْ يَخْتَصِمُونَ

“Itu merupakan di antara berita-berita ghaib yang Kami wahyukan kepada engkau; padahal engkau (Muhammad)  tidak bersama mereka, ketika mereka melemparkan pena-pena mereka, siapa di antara mereka nanti yang akan memelihara Maryam. Dan padahal engkau tidak berada bersama mereka ketika mereka bertengkar.” (QS. Ali-Imran[3]: 44)

Kata ذَٰلِكَ mengisyaratkan kepada kisah yang telah disebutkan sebelum ayat yang mulia ini tentang kisah Nabi Zakaria dan kisah Mariyam.

Maksud ‘di antara kabar-kabar yang ghaib,’ adalah dari sesuatu yang tidak diketahui. Bukan maksudnya tidak diketahui oleh orang-orang yang ada di masa itu, karena tentunya orang-orang di masa itu mengetahui berita itu dan bukan hal yang ghaib. Maksud ‘hal yang ghaib’ disini adalah karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan kaumnya tidak mengetahui tentang kisah Nabi Zakaria dan Maryam.

Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mewahyukan apa yang Allah wahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dari berita-berita umat yang telah lalu. Dimana beliau sebelumnya tidak mengetahui, begitu juga kaumnya.

Maka ini merupakan dalil bahwa ia merupakan Rasulullah yang benar sebenar-benar utusan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dan wahyunya betul-betul datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Makna ‘wahyu’ menurut bahasa adalah pengabaran dengan cepat dan tersembunyi. Apabila ada seseorang memberikan kabar kepada engkau dengan cepat dan tersembunyi, maka secara bahasa ini disebut dengan wahyu.

Adapun makna wahyu menurut syariat adalah pengabaran Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada salah satu dari NabiNya dengan apa yang Allah kehendaki dari syariatNya. Kemudian kalau diberi beban untuk disampaikan kepada umat maka dia Rasul, tapi kalau tidak maka dia seorang Nabi.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian Salah Satu Bukti Kebenaran Risalah Nabi Muhammad


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51497-salah-satu-bukti-kebenaran-risalah-nabi-muhammad/